Masa Depan Pertanian Organik di India

Di India, pertanian organik mengambil langkah dengan semakin banyak petani yang mau menganggap ini sebagai tantangan untuk menghasilkan makanan organik dan sehat. Pertanian organik memiliki masa depan yang sangat cerah di India karena penggunaan pestisida dan pupuk anorganik telah membawa banyak penyakit bagi orang-orang yang makan makanan anorganik. Dalam beberapa hari mendatang barang-barang organik akan dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan produksi normal karena orang-orang India sudah mulai mengakui fakta bahwa makan makanan organik pasti akan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Banyak negara bagian telah membuat model pertanian ladang terbuka organik untuk petani yang tertarik untuk mengkonversi ladang mereka menjadi ladang organik. Banyak penekanan diberikan pada pupuk kandang di atas pupuk anorganik. Petani didorong untuk menggunakan cara-cara organik untuk menjauhkan hama dari tanaman, minyak Mimba adalah salah satu cara di mana kita dapat memiliki produk bebas pestisida.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi pertanian organik saat ini di India adalah jaringan distribusi rantai pasokan yang buruk. Perlu ada saluran distribusi yang kuat dan berbagai pemerintah negara bagian dengan bantuan pemerintah pusat saat ini sedang menangani masalah ini. Sangat sedikit kesadaran di kalangan petani tentang tren saat ini di sektor pertanian. Pertanian kontrak memiliki potensi untuk meningkatkan keberlanjutan dalam pertanian organik.

Petani juga menghadapi masalah dengan sertifikasi organik. Produk organik yang tidak bersertifikat tidak memberikan pengembalian yang baik kepada petani. Salah satu alasan utama untuk ini adalah bahwa petani organik saat ini tersebar dan mendapatkan sertifikasi adalah urusan yang mahal. Setiap petani tidak sanggup mengikuti Sertifikasi karena biayanya sangat mahal atau ia memiliki pengetahuan yang sangat sedikit tentang keseluruhan proses. Ada sekelompok petani yang telah membentuk komunitas pertanian lokal untuk menjual produk di sana sebagai sebuah kelompok, tetapi saat ini jenis komunitas ini sangat sedikit di India.

Pemerintah pusat India perlu memeriksa masalah ini. Jika kita sebagai warga negara dari negara kita terus mengabaikan masalah ini dan membiarkan segala sesuatunya terus berjalan, itu akan berdampak sangat buruk pada kesehatan populasi kita dalam jangka panjang. Pimpinan yang diambil oleh pemerintah negara bagian Sikkim adalah sesuatu yang harus dicoba disalin oleh negara lain. Kita tidak bisa menyalahkan petani setiap saat. Yang dibutuhkan saat ini adalah agar kesadaran tersebar di antara mereka tentang teknik dan praktik efektif yang akan digunakan untuk pertanian organik. Mereka harus tahu bahwa penggunaan pestisida yang tidak hati-hati yang mereka lakukan berdampak negatif terhadap begitu banyak orang.

Pada dasarnya, ada tiga keuntungan bagi petani yang memilih melakukan pertanian organik. Pertama, ini meminimalkan kemungkinan bunuh diri petani dengan mengurangi ketergantungan mereka pada input pertanian seperti pupuk dan pestisida. Kedua, membantu menyediakan makanan sehat bagi masyarakat. Dan ketiga, ini membantu meminimalkan perubahan iklim dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Tidak ada keraguan bahwa dalam dunia yang kompetitif di mana kita hidup saat ini, semuanya semata-mata didorong oleh satu hal dan itu adalah uang. Industri pestisida di India sangat besar. nilainya diperkirakan sekitar 18.000 crores. Kerusuhan yang mereka hancurkan dengan nyawa manusia adalah hal terakhir yang ada di benak orang-orang yang membuat pestisida. Mereka mengajukan penjelasan bahwa mereka harus menggunakannya karena tidak ada cara lain untuk memastikan kualitas dan kuantitas produksi tanaman.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>